Transform yaitu perubahan. Perubahan ini meliputi perubahan
posisi, ukuran, rotasi, maupun pencerminan. Dalam Blender untuk melakukan
transform sebuah objek sangatlah mudah. Berikut adalah caranya :
1. Location (Lokasi)
Untuk mengubah suatu lokasi objek dapat dilakukan dengan
cara klik kanan dahulu objek tersebut agar aktif kemudian drag objek berdasarkan sumbunya atau drag
secara bebas dengan melakukan drag pada Pivot Point nya. Jika objek kita drag berdasarkan sumbunya,
misal sumbu x maka perpindahan hanya sebatas sumbu x saja, begitu juga jika hal
ini dilakukan terhadap sumbu y maupun z.
2. Scale(Skala / Ukuran)
Scale digunakan untuk merubah ukuran/skala suatu objek.
Caranya yaitu dengan mengaktifkan terlebih dahulu objek yang akan diubah ukurannya,
kemudian tekan S untuk memulai Scale. Ketika mouse digeser menjauhi Pivot Point
maka ukuran objek akan diperbesar dan ketika mouse digeser mendekati Pivot
Point maka ukuran objek akan diperkecil.
Cara tersebut membuat Transform Scale terhadap semua sumbu.
Bagaimana jika ingin melakukan Scale pada objek berdasarkan sumbu z saja dengan kata
lain hanya ingin mengubah tingginya? Pertama klik kanan objeknya kemudian tekan
S untuk Scale lalu tekan Z agar Scale hanya berlaku terhadap sumbu z saja,
begitu juga jika ingin melakukan Scale hanya pada sumbu x maupun sumbu y.
3. Rotate (Rotasi)
Untuk melakukan rotasi objek yaitu dengan cara klikk kanan
objek yang akan dirotasi kemudian tekan R dan geser mouse sesuai arah rotasi
yang diinginkan. Rotasi juga dapat dilakukan berdasarkan sumbu tertentu saja,
misal rotasi yang diinginkan yaitu berdasarkan sumbu z maka pertama seleksi
objek terlebih dahulu dengan klik kanan kemudian tekan R lalu tekan Z, begitu
juga jika ingin melakukan rotasi berdasarkan sumbu x ataupun sumbu y.
Rotasi juga bisa dengan cara memasukkan nilai sudut nya,
misalnya objek ingin dirotasi sebesar 90 derajat berdasarkan sumbu z maka
caranya yaitu klik kanan pada objek kemudian tekan R lalu tekan Z dan ketikkan
90.
Selain cara yang tadi telah disebutkan rotasi juga bisa
menggunakan Transformation manipulators Rotate.
4. Mirror (Pencerminan)
Pencerminan pada sebuah objek dapat dilakukan dengan cara
Ctrl + M atau dengan menu Object pilih Mirror kemudian pilih Interactive
Mirror.
Selain cara di atas bisa juga dengan menekan Ctrl + M
kemudian tekan dan tahan mouse tengah lalu drag mouse ke arah sumbu yang
diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar