Kamis, 27 Agustus 2015

Camera

Saat melakukan perenderan , yang akan di render nanti hanya sebatas dari jangkauan Camera saja. Tidak semua yang ada pada Viewport akan dirender. Untuk itu penempatan Camera sangatlah penting agar objek yang nanti di render hasilnya sesuai yang diinginkan. Pada saat memulai lembar baru secara default blender sudah menyediakan 1 Camera.


Coba tekan numpad 0 untuk masuk Camera mode dan untuk keluar dari Camera Mode tekan numpad 0 lagi


Setelah itu tekan F12 untuk merendernya


Hasil render hanya sebatas dari jangkauan Camera saja. Untuk keluar dari render tekan Esc.
Bagaimana jika ingin memindahkan posisi Camera untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan ?  Ada berbagai macam cara untuk memindahkan posisi Camera sesuai yang diinginkan, diantaranya :

1. Cara pertama yaitu dengan melakukan drag sumbu x, y, z yang ada pada objek Camera . Sumbu yang berwarna merah adalah sumbu x, sumbu yang berwarna hijau adalah sumbu y, dan sumbu yang berwarna biru adalah sumbu z. Klik kanan terlebih dahulu pada objek Camera sampai objek Camera aktif.  


lalu drag sesuai sumbu yang diinginkan. Saat Camera kita drag ke sumbu x maka perpindahannya hanya sebatas ke sumbu x saja, begitu juga jika kita lakukan ke sumbu y dan z.




Perpindahan Camera secara bebas dapat dilakukan dengan cara drag bulatan/Pivot Point yang ada pada objek Camera jangan drag sumbunya.




Agar penempatan Camera sesuai yang diinginkan harus dikombinasikan dengan cara melakukan pan view , rotate view , dan rotating Camera. Misalnya Camera akan ditempatkan di belakang objek Kubus agar nanti saat dirender hasilnya yaitu sudut pandang kubus dari belakang maka caranya :

- Tekan dulu ctrl + z (undo) jika posisi Camera sebelumnya telah berubah , tekan terus sampai seperti   posisi semula


- Putar Viewport  dengan cara drag (tekan terus) mouse tengah geser ke arah kanan kurang lebih  180 derajat


-Setelah itu klik kanan objek Camera sehingga objek Camera aktif


-Drag objek Camera ke sumbu x sesuai gambar di bawah


-Kemudian drag ke sumbu y sesuai gambar di bawah


-Agar Posisi Camera itu menghadap ke kubus maka objek Camera harus di putar, caranya aktifkan objek Camera dengan klik kanan kemudian tekan R untuk rotasi dan ketikkan angka -135 untuk perputaran sebesar 135 derajat.


-Sekarang arah Camera sudah menghadap ke arah kubus tetapi posisinya terlalu tinggi, untuk itu drag ke sumbu z dan geser ke bawah sehingga seperti  gambar di bawah


-Tekan numpad 0 untuk masuk ke Camera mode 


2. Cara kedua yaitu dengan Grab (Shortcut G), Grab digunakan untuk menggeser Camera .  Tekan numpad 0 untuk masuk Camera mode, kemudian aktifkan Camera dengan cara klik kanan border Camera


Setelah Camera aktif lalu tekan G dan geser mouse sesuai posisi Camera yang diinginkan


Untuk mengatur kemiringan Camera maka dapat menggunakan rotasi dengan cara menekan tombol R


3. Cara ketiga yaitu Lock Camera To View. Aktifkan dahulu Properties Panel dengan cara tekan tombol N. Kemudian ceklis  Lock Camera To View.


Jika sudah tekan numpad 0 untuk masuk Camera mode. Tekan mouse tengah dan drag untuk melakukan pergeseran Camera sesuai yang diingakan, scroll mouse tengah ke atas untuk zoom in dan scroll mouse tengah ke bawah untuk zoom out.


4. Cara keempat yaitu Walk Navigation. Walk Navigation menggunakan tombol W S A D. Tombol W untuk maju , tombol S untuk mundur, tombol  A untuk ke kiri, dan tombol D untuk ke kanan. Sebelumnya hilangkan dahulu ceklis Lock Camera To View pada panel properties. Kemudian masuk ke Camera mode dengan menekan numpad 0, aktifkan Camera dengan klik kanan bordernya. Kemudian tekan shift + F (walk Navigation). Untuk meningkatkan intensitasnya agar perpindahan cepat maka Scroll Mouse ke atas, agar perpindahan lambat maka Scroll Mouse ke bawah. Tekan E untuk menaikkan Camera dan tekan Q untuk menurunkan Camera, untuk menjatuhkan Camera tekan Tab dan untuk mengembalikannya tekan Tab lagi.


5. Cara kelima yaitu cara instan dan lebih banyak dipakai karena mudah, hanya dengan menekan ctrl + alt + numpad 0. Posisikan dulu view yang diinginkan misal seperti ini


Kemudian tekan ctrl + alt + numpad 0 maka secara otomatis Camera akan mengikuti sudut pandang view ini. Lebih praktis bukan?


Jika posisinya masih belum sesuai dengan apa yang diinginkan bisa dikombinasikan dengan keempat cara di atas tadi Silahkan bereksperimen sendiri. Misalnya masih kurang geser ke kiri tinggal aktifkan Camera nya dengan klik kanan border  Camera, tekan G kemudian geser ke kiri atau bisa juga dikombinasikan dengan Walk Navigation untuk menggesernya. Silahkan berksperimen sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar